Aplikasi Android yang cepat menghabiskan kuota internet

INILAH APLIKASI-APLIKASI ANDROID YANG CEPAT MENGHABISKAN KUOTA INTERNET

Apakah sobat sering mengalami yang namanya kuota internet habis? Mungkin sobat bertanya-tanya dalam hati, Kenapa ya sampai cepat habis seperti ini? Dalam hati sobat juga pasti merasa jengkel kan, apalagi sementara mengakses internet baik berupa browsing, nonton, download ataupun yang lainnya dengan kuota internet yang sobat punya. Masalah utamanya adalah karena berhubung dengan penggunaan kouta internet yang sobat pakai. Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan tips agar sobat tau bahwa aplikasi-aplikasi inilah yang biasa menghabiskan kuota internet sobat. Aplikasi-aplikasi apa saja ya? ayo simak baik-baik.


Aplikasi-aplikasi yang sering menghabiskan kuota internet :

1.YOUTUBE 

Tentunya sobat sudah tahu kan kalau aplikasi youtube ini merupakan salah satu aplikasi yang paling boros dalam penggunaan kuota internet smartphone. Namun sobat bisa  meminimalisi atau memperkecil penggunaan data di aplikasi youtube ini. Sobat bisa memanfaatkan fitur autoplay di youtube. Dengan cara seperti ini,  sobat tentu saja bisa mengontrol pemakaian data pada smartphone sobat. Tapi yang sering menjadi masalah adalah ketika kita sudah asyik menikmati video streaming pada youtube, justru kita sendiri sering lupa waktu. Jadi, saya sarankan buat sobat sekalian agar putarlah video youtube yang memiliki resolusi rendah saja agar kuota internet sobat tidak terlalu terkuras oleh aplikasi Youtube ini.

2. INSTAGRAM

Aplikasi yang satu ini umumnya dipakai oleh para pengguna smartphone sebagai sarana untuk berbagi atau memperlihatkan koleksi foto dan video yang mereka miliki. Ternyata dalam membagikan foto atau video melalui instagram ini sangat menguras kuota internet. Hal itu dapat terjadi karena aplikasi instagram ini memakai fitur pemuat foto serta pemutar video otomatis.
Apabila sobat ingin menonaktifkan fitur pemutar video otomatis pada aplikasi instagram ini, sobat bisa masuk pada pengaturan aplikasi, kemudian sobat pilih menu penggunaan data internet seluler. Setelah itu, sobat dapat mencentang pilihan pemakaian sedikit data. Nah, tentunya dengan cara seperti ini pemutar video secara otomatis hanya dapat berjalan ketika smartphone sobat terkoneksi disaat tehubung Wi-fi saja.

3. FACEBOOK

Apabila sobat merupakan salah satu pengguna smartphone, pasti setiap harinya tidak pernah lepas bersosial media dengan menggunakan aplikasi yang satu ini yaitu facebook. Ternyata salah satu aplikasi ini juga menjadi penyebab kuota internet smartphone sobat menjadi cepat habis. Itu dikarenakan pada saat sobat mengunggah sebuah video ke facebook, proses upload video itu bisa saja menyedot kuota internet yang sangat banyak. Agar kuota internet smartphone sobat tidak cepat habis saat menjalankan aplikasi facebook, dapat pula sobat atasi dengan menonaktifkan fitur auto play video, yaitu melalui menu pada pengaturan aplikasi,sobat bisa lihat pada putar otomatis, kemudian nonaktifkan pilihan "putar video otomatis" tersebut atau bisa juga sobat dapat menggunakan pilihan "menyetel otomatis hanya saat tersambung ke Wifi". Setelah itu sobat juga perlu menonaktifkan fitur upload video dan foto berformat HD.

4. TWITTER

Saat sobat menggunakan aplikasi twitter, tentu sobat akan menemukan fitur pemutar video dan GIF yang disetel secara otomatis. Yang mana hal itu cukup menguras kuota internet smartphone sobat. Jadi, untuk mengatasinya sobat perlu mematikan fitur auto play dengan masuk ke menu pengaturan, general, video autoplay. Selain cara seperti ini, sobat pun bisa membatasi penggunaan kuota internet untuk aplikasi twitter ini, dengan cara menonaktifkan fitur image previews.

5. GOOGLE PLAY STORE

Sebenarnya aplikasi Play store tidak begitu banyak memakan kuota data, akan tetapi tanpa sobat sadari ternyata fitur update otomatis yang ada di Google Play Store ini sangat menguras kuota data internet sobat. Aplikasi ini juga sama halnya dengan aplikasi facebook dan twitter yang selalu terupdate secara rutin. Jadi apabila sobat menggunakan aplikasi ini, sebaiknya sobat hanya menyalakan fitur auto update ketika tersambung dengan koneksi Wi-fi atau alangkah lebih baiknya sobat menonaktifkan fitur ini saja.

Mungkin hanya sampai disini saja, sekian dari saya mengenai tips ini dan semoga bermanfaat bagi sobat yang membaca!! Apabila ada kekurangan silahkan bisa sobat tinggalkan komentarnya pada kolom yang telah disediakan di bawah ini.

terimakasih!!