Inilah tips menghemat konsumsi daya baterai dan RAM dengan menonaktifkan google play services

Menghemat konsumsi daya baterai dan RAM pada smartphone dengan menonaktifkan google play services


Baik sobat mediateknoindo23, pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah tips bagi sobat yang biasanya cepat kehabisan baterai smartphonenya dan lagh/lemot pada smartphone yang disebabkan karena memiliki kapasitas RAM yang sedikit. setiap sistem operasi yang dibuat dan di programkan menjadikan kita pengguna smartphone bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, hal ini yang dapat membuat smartphone kita bisa menjadi lambat akibat, RAM yang ada pada smartpone kita sangat sedikit untuk menjalankan beberapa fitur itu. Adapaun CPU pada smartphone kita akan banyak sekali melakukan proses kerja sehingga daya baterai yang ada juga akan cepat terkuras atau bahkan cepat habis. 

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan sedikit mengupas tentang bagaimana agar menonaktifkan layanan google play yang tidak kita gunakan. 

"Mengapa kita harus menonaktifkan penggunaan layanan google play pada smartphone? "

Karena layanan ini akan menyebabkan banyaknya pengonsumsian RAM dan baterai smartphone, saat sedang aktif pada latar belakang. Sebenarnya, beberapa layanan dari google play ini sama sekali tidak berfungsi bagi sistem dan bisa dinonaktifkan agar tidak menghalangi fungsi dari sistem itu sendiri. Penonaktifan ini bisa meningkatkan kinerja dari sistem itu sendiri dan bisa mengurangi konsumsi dari RAM dan baterai smartphone kita.

Catatan : Jangan menghapus semua layanan pada google play. Hapus saja yang menurut sobat tidak ada fungsinya.

"Layanan apa saja yang akan kita hapus dari google play itu sendiri? "

Di sini saya akan merekomendasikan agar layanan google play yang boleh anda hapus itu seperti Wake up, Keep Awake, layanan perintah suara, layanan iklan, layanan wearable, dan layanan auto start services. Sobat bisa saja menonaktifkan layanan wake up suara karena, terus aktif dalam mendeteksi sinyal suara sehingga daya baterai yang ada di smartphone kita cepat terkuras 
bahkan habis. Setelah Anda tahu cara menonaktifkan layanan google play, Anda dapat menonaktifkan yang menurut Anda tidak digunakan. Seperti layanan iklan, layanan laporan dll.

"Aplikasi apa yang harus kita gunakan?"


Aplikasi yang bisa digunakan untuk menonaktifkan layanan google play adalah 3C Toolbox. Ini memungkinkan Anda melakukan sejumlah tindakan untuk menyetel ponsel Android Anda. Jika Anda ingin melihat layanan apa yang tidak banyak berguna dan berjalan di latar belakang serta mengkonsumsi daya baterai.

Langkah-langkah menonaktifkan layanan google play :
  • Download aplikasi toolbox 3c di play store dan pasang di ponsel Android Anda. Silahkan download DISINI
  • Buka aplikasi  dan klik pada Task Manager.
  • Cari Layanan Google Play.
  • Ketuk di atasnya untuk membuka.
  • Tekan tab Services, maka Anda akan melihat semua layanan yang tercantum.
  • Di samping setiap layanan tersebut ada kotak centang. 
  • Hapus tanda centang untuk menonaktifkan layanan.























Note : Jika Anda memiliki masalah klik pada tombol bantuan di pojok kanan atas di aplikasi.

Saya harapkan di sini agar anda hanya dapat menonaktikan layanan yang menurut anda tidak digunakan, Jika ada ada layanan yang menurut anda berfungsi, Janganlah menonaktifkan.
Sekian dari saya, apabila ada kekurangan mohon cantumkan pada kolom komentar di bagian bawah sini.


>>Terima Kasih


11 Responses to "Inilah tips menghemat konsumsi daya baterai dan RAM dengan menonaktifkan google play services"