Mempercepat Jaringan Internet terampuh dan handal 100%

CARA MUDAH DAN 100% AMPUH DALAM MEMPERCEPAT KONEKSI JARINGAN INTERNET


Kebutuhan internet menjadi momok bagi kehidupan masyarakat saat ini dan penggunaannya pun semakin meningkat. Hampir setiap orang punya cara yang berbeda dalam memfungsikan internet itu. Entah untuk mencari informasi, berita, tutorial atau pun hanya untuk hiburan sosial media saja. Yang pasti, semua orang tiap harinya pasti berinteraksi dengan internet. Apalagi sekarang ini peredaran smartphone Android semakin pesat. Mulai banyak smartphone yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau namun spesifikasi mumpuni. Dengan adanya smartphone ini, interaksi dengan internet menjadi semakin mudah. Bahkan adan yang mengutarakan semboyan “The World in Your Hand” (Dunia di tangan Anda).Waow, betul kahh??  yaiyalah,,,,,,

Akan tetapi ada permasalah yang sering terjadi ketika sudah terkoneksi dengan internet yaitu lambatnya koneksi internet alias lemot. Jika sudah mengalami masalah seperti ini, bisa dipastikan sobat akan merasa jengkel, kesal, bisa-bisa smartphone kamu lempar bahkan membanting smartphone karena emosi. Nah, dari permasalahan ini, saya akan membagikan sebuah tips agar mempercepat koneksi internet di smartphone Android sobat. 

Tapi sebelum kita melangkah pada tips mempercepat koneksi internet, kita ulas terlebih dahulu apa yangseringkali  mempengaruhi koneksi internet menjadi lambat? Dengan begitu sobat bisa mudah mengatasi permasalah koneksi internet lambat itu. Ada beberapa penyebab koneksi internet menjadi lambat alias lemot.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android


Hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang


Cara pertama mempercepat koneksi internet adalah dengan menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi yang ada di smartphone Android sobat, pastinya ada yang berjalan di latar belakang. Maksudnya gimana ? Aplikasi tersebut secara otomatis berjalan sendiri, apalagi ketika terkoneksi dengan internet. Misalkan aplikasi yang berjalan di backgroud adalah sistem sinkronisasi, update data lokasi, update data cuaca, dan masih banyak lagi. Aplikasi seperti ini biasanya akan memakan banyak akses internet, akhirnya koneksi menjadi lambat. Untuk itu sobat bisa menghapus atau memaksa berhenti aplikasi tersebut. Akan tetapi jika dirasa penting tidak usah, pilih aplikasi yang sekiranya kurang penting.

Gunakan web browser tercepat
 

Memilih web browser yang tepat juga menjadi rekomendasi untuk mempercepat koneksi internet. Ada beberapa browser yang biasanya tidak support dengan perangkat sobat, akhirnya berjalan lambat. Permasalahan seperti ini biasanya ditanggapi pengguna adalah internetnya, padahal aplikasi browser tersebut. Langkah terbaik adalah sobat harus memilih web browser terbaik. Ada 7 browser Android terbaik yang bisa sobat pilih, dan salah satu yang paling digunakan adalah Opera Mini, google chrome. Web browsing sangat ringan dan ketika digunakan untuk browsing, web page akan dikompresikan terlebih dahulu. Jadi akan lebih ringan dan cepat.


Gunakan paket internet terbaik dan kenali jaringan di daerah sobat

Seperti yang sudah disinggung di atas, tidak semua kartu bisa support jaringan di area daerah sobat. Setiap perdana atau operator memiliki daerah-daerah tersendiri. Terkadang di daerah A cepat belum tentu di daerah B juga cepat. Ini tergantung dari seberapa luas dan kuat jaringan operator tersebut. Pastikan sobat memilih kartu sesuai jaringan yang lancar di daerah sobat. Sobat bisa melakukan beberapa kali percobaan dengan gonta-ganti kartu terlebih dahulu. Jika sudah menemukan yang pas, berarti itu bisa dijadikan patokan.

Pilih jaringan 4G (jika perangkat sudah support)


Teknologi 4G LTE sekarang ini sudah mulai meluas. Ini juga ditunjang banyaknya smartphone 4G yang sudah marak di pasaran. Jika smartphone sobat sudah mendukung teknologi 4G LTE, maka sobat bisa memilih paketan internet 4G. Bagaimana jika kartu GSM/CDMA belum support 4G ? Sobat bisa datang ke graphary terdekat, dan menukarkan kartu sobat dengan yang sudah 4G. Untuk nomornya ? Tenang, tidak akan berubah, nomor akan tetap sama. Bagaimana jika perangkat belum 4G ? jangan takut sobat bisa berada pada wilayah jaringan 3G. Itu juga cukup cepat ko!!.

Penyebab utama mungkin pada perangkat smartphone sobat


Apabila cara-cara di atas sudah sobat lakukan dan ternyata masih lemot juga, berarti kemungkinan besar ada pada perangkat smartphone sobat. Apakah bisa? ya, bisa saja. Alasannya mungkin karena smartphone yang sobat punya masih memiliki spesifikasi rendah, atau karena smartphone sobat kurang perawatan dan mungkin juga ada file-file sampah yang menumpuk yang harus sobat hapus sehingga tidak memperburuk kinerja smartphone sobat. Permasalahan lambat ini biasanya tidak hanya untuk koneksi internet saja, namun juga ketika menjalankan sebuah aplikasi. Jika sudah begitu, sobat bisa melakukan cara ampuh meningkatkan kinerja smartphone Android yang lelet agar smartphone kembali normal.


Nah, itulah beberapa langkah yang bisa diambil untuk mempercepat koneksi internet di smartphone Android sobat. Semoga cara di atas dapat bermanfaat dan bisa membantu.