Tips mengatasi Handphone Yang Tercebur di dalam Air

INILAH TIPS MENGATASI HP YANG MATIKARENA TERCEBUR DI AIR

Mediateknoindo23 - Saat ini banyak smartphone canggih yang sudah dilengkapi dengan kemampuan agar tahan berada di dalam air. Tapi nyatanya banyak smartphone ataupun ponsel konvensional yang tidak dirancang untuk hal seperti itu. Jika anda tidak sengaja menjatuhkan smartphone anda ke dalam air, pasti hal ini membuat anda panik dan bingung harus mau diapakan smartphone kesayangan anda. Jika anda terjebak dalam situasi seperti ini, jangan panik dulu, lakukanlah tindakan yang tepat. Berikut adalah tipsnya.

Coba yuk ikutin 10 tips mengatasi HP yang mati karena tercebur air di bawah ini. Caranya cukup mudah dan hanya memodalkan kesabaran dari kamu saja. Ayo simak baik-baik!

1. Segera Lepas Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Langkah pertama adalah kamu harus segera melepaskan baterai, sim card dan juga memory card yang kamu gunakan di HP, ini untuk menghindari terjadinya korsleting pada HP kamu.
Usahkan setelah melepaskan komponen tersebut kamu mengeringkan area tempat baterai, sim card, memory card dengan menggunakan handuk atau dengan tisu.
Mengeringkan area tersebut secara perlahan dan kurangin menggoyangkan HP secara berlebihan agar mengurangi terjadinya air yang melebar ke area komponen HP yang lainnya.

2. Lepaskan Sekrup, Casing dan Frame

Langkah kedua adalah kamu harus melepaskan sekrup, casing dan juga frame pada HP kamu. Bagian ini adalah bagian tersulit karena kamu harus membutuhkan obeng khusus HP yang ukurannya kecil den sesuai dengan baut yang ada pada HP kamu.
Pada bagian ini kamu diharuskan membongkarnya agar mengetahui bagian manakah air yang masuk kedalam HP kamu. Jadi, ketika kamu membukanya dan menemukan air atau embun, segeralah kamu membersihkannya menggunakan tisu sampai kering.

3.Segera Copot LCD

Setelah kamu melepaskan casing, scrup dan juga Frame, kamu harus segera membersihkan area LCD HP kamu. Ketika HP masuk ke dalam air biasanya pada bagian LCD paling sering terjadinya kerusakan.
Karena LCD terbuat dari filamen yang lunak yang tidak akan tahan terhadap kelembapan air. Jika kamu membiarkan air tersebut terlalu lama, maka akan kemungkinan terjadinya flek hitam pada LCD kamu. Untuk itu, segeralah membersihkan LCD kamu menggunakan tisu yang lembut.

4. Jemur di Cahaya Matahari

Kamu bisa mengeringkan HP kamu menggunakan sinar matahari. Kamu hanya perlu menjemur HP kamu ditempat yang terkena cahaya matahari. Letakkan HP kamu terbalik, LCD di bawah.
LCD merupakan filamen yang lunak jadi rentan rusak jika terkena cahaya matahari langsung. Kamu hanya perlu menjemurnya sebentar saja, karena cahaya matahari cukup beresiko merusak komponen HP jika dijemur lebih lama.

5.Masukkan HP kamu ke dalm Beras

Kamu dapat memasukkan HP dan semua komponen HP kamu ke dalam beras. caranya cukup mudah kamu hanya perlu menyediakan wadah dan beras secukupnya. Selanjutnya kamu kubur HP dan komponennya ke dalam beras selama berberapa hari. Fungsi di dalam beras, karena beras dapat menyerap air atau embun secara perlahan.

6. Menggunakan Silica Gel

Kamu bisa mengeringkan HP yang basah menggunakan Silica Gel. Silica Gel sering kamu temukkan di bungkusan sepatu atau di botol kapsul obat, bisa kamu gunakan untuk mengeringkan HP yang kerendam air. Fungsi dari Silica Gel ini adalah menyerap kelembapan udara dan air. Kamu bisa menggunakan wadah dan kubur HP kamu bersamaan dengan silica gel. Menggunakan silica gel lebih efektif dibangdingkan menggunakan beras lho!

7. Bungkus dengan Koran dan Masukkan ke dalam Freezer

Yaa! cara ini cukup unik, kamu hanya perlu membungkus HP kamu menggunakan koran atau tisu dan masuk HP tersebut kedalam freezer. Cara ini bisa jadi solusi HP yang tercebur air. Karena koran atau tisu bisa menyerap air dan suhu dingin yang terdapat pada freezer akan membekukan dan mengeringkan air yang terdapat pada HP kamu.

8. Diamkan di atas TV Tabung

Menggunakan televisi jadul atau televisi tabung. Ya! jika kamu masih mempunyai televisi tabung ini bisa jadi solusi untuk HP kamu yang terendam air. Kamu hanya perlu meletakkan HP kamu di lubang sirkulasi udara pada televisi tersebut. Lubang sirkulasi televisi tersebut biasanya terletak dibagian belakang atas, dengan cara ini kemungkinan besar akan terserapnya air yang masih terdapat di komponen HP kamu. Karena lubang tersebut menghasilkan suhu yang panas dan dapat mengerinkan HP kamu.

9. Sedot air yang masuk ke HP dengan Vacum Cleaner

Alternatif berikutnya menggunakan Vacum Cleaner. Ya! kamu hanya perlu menyedot cairan air yang terdapat pada HP kamu. Ini dimaksudkan agar tidak ada lagi air yang terdapat didalam HP kamu.
Kamu juga harus hati-hati menggunakan teknik ini karena vacum cleaner merupakan sedot udara yang memiliki tekanan udara yang cukup tinggi. Gunakan tekanan yang rendah untuk mengurangi resiko kemungkinan yang akan merusak HP kamu.

10. Service HP

Langkah terakhir, jika semua 9 cara diatas tadi tidak dapat mengatasi HP mati yang terendam air kamu dapat membawanya ke Service Center HP kamu. Langkah ini lebih baik karena service center akan menganalisa bagian mana yang terjadi kerusakan akibat HP yang terendam air.
Tentunya kamu harus memilih service center yag terpercayai atau kamu bisa langsung ke service center merk HP kamu. Terlebih jika kamu masih mempunyai garansi, kamu dapat memanfaatkan kartu garansi tersebut untuk memperbaiki HP kamu.

Mungkin hanya ini saja beberap tips yang saya berikan, apabila dari ke-10 langkah diatas tidak bisa anda atasi dengan baik, segeralah bawa HP kamu ke sevice center terdekat. Apabila ada kekurangan dari saya pada artikel ini silahkan anda tinggalkan komentar pada halamn di bawah yang sudah di siapkan.

Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat buat anda sekalian!

3 Responses to "Tips mengatasi Handphone Yang Tercebur di dalam Air"