Inilah tips merawat smartphone agar tetap awet selamanya

Tips Merawat Smartphone Android agar Tetap Awet Selamanya

Mediateknoindo23 - Apakah sobat sudah tahu cara merawat smartphone android agar tetap awet selamanya? jika belum, simak caranya di bawah ini. Seperti yang anda ketahui bahwa smartphone sekarang sudah menjadi primadona di zaman sekarang ini. Banyak orang yang menggunakan smartphone mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan sekarang satu orang saja bisa memakai lebih dari satu smartphone.
Seperti perangkat elektronik yang lainnya, smartphone bisa mengalami yang namanya masalah seperti baterai cepat habis, baterai kembung, ruang penyimpanan penuh, overheat, bootloop, layar retak dan lain-lain. Nah, kalau sudah rusak seperti itu harus kita apain ? tentu harus diservis, bisa ? tapi ujung-ujungnya keluar duit lagi apalagi ditambah dengan tukang servis yang belum tentu bisa dipercayai contohnya cuman masalah kecil dia besar-besarin nanti anda disuruh bayar mahal siapa yang rugi ? tentunya anda sendiri.
Nah, karena itulah dengan merawat smartphone supaya awet dan bisa digunakan bertahun-tahun itu sangatlah penting. Di sini saya ada beberapa tips yang bisa anda coba sendiri untuk merawat smartphone kesayangan anda.

1) Jangan gunakan smartphone terlalu lama
Namanya juga perangkat elektronik tentunya butuh yang namanya istirahat. so, menggunakan smartphone dalam waktu yang lama apalagi dengan aktivitas yang berat bisa mengakibatkan overheat dan bisa berdampak buruk pada komponen smartphone anda.Selain itu, menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang terlalu lama juga bisa membuat mata cepat lelah karena harus terus fokus pada satu titik. Solusinya silahkan istirahat dulu bentar jika dirasa sudah terlalu lama menggunakan smartphone anda.

2) Berikan screen guard pada smartphone
Sebenarnya ini tidak harus sih tapi akan lebih baik lagi kalau anda memberi screen guard pada smartphone anda. Untuk apa ? Tentu saja untuk melindungi layar smartphone dari goresan.

3) Mengisi baterai smartphone dengan cara yang benar
Masih banyak orang yang salah dalam melakukan pengisian daya baterai(charging) pada perangkat smartphone mereka tanpa mereka sadari itu akan berdampak buruk pada kesehatan baterai smartphone. Mungkin anda bisa mencobanya yaitu jangan tunggu hingga sisa baterai 0%, matikan smartphone saat di cas, perhatikan tempat anda charge smartphone, jangan di charge semalaman, langsung dari stop kontak, dan hati-hatilah dalam menggunakan charge KW/yang bukan asli.

4) Jangan sampai terjatuh ,terduduki atau bahkan kemasukan air
Tidak Seperti Handpone-handphone lama yang punya ketahanan luar biasa bila dibanting berkali-kali pun dia masih bertahan. Smartphone mempunyai ketahanan yang lemah.Jadi, jangan biarkan smartphone anda terjatuh , terduduki , terbanting karena bisa berpengaruh pada komponen smartphone umumnya layar yang menjadi retak setelah itu
Untuk kasus kemasukan air sebenarnya beberapa perangkat smartphone sudah memiliki fitur tahan air. Jika perangkat anda belum memiliki fitur tahan air saya punya beberapa tips untuk menyelamatkan smartphone anda jika tercebur air disini.

5) Bersihkan smartphone secara berkala
Pembersihan ini baik secara langsung maupun secara dari dalam sistem yaitu menggunakan aplikasi. Smartphone yang kotor kemungkinan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan jadi sangat disarankan untuk melakukan pembersihan smartphone dengan hati-hati.
Sedangkan secara sistem bersihkanlah file sampah di dalam sistem bisa mempengaruhi performa dari sistem itu sendiri. Untuk membersihkan file sampah sendiri bisa menggunakan clean master bisa anda cari sendiri aplikasinya di play store.

6) lnstall aplikasi sewajarnya saja
Kebanyakan pengguna smartphone sering menginstall aplikasi atau games tanpa memperhatikan spech dari smartphone itu sendiri sehingga tentu bisa menurunkan performa alias smartphone jadi lemot.Meskipun smartphone android sekarang ini bisa digunakan untuk game, tapi sebenarnya smartphone tidak dibuat untuk bermain game. Jadi jika anda seorang gamers, gunakanlah pc/ komputer supaya anda bisa main dengan lebih leluasa. Menggunakan smartphone dalam waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan panas berlebih (lihat lagi poin yang pertama di atas).

Mungkin cukup dulu tips dari saya tentang cara merawat smartphone supaya tahan lama. Intinya disini kita merawat smartphone supaya anda sebagai pengguna smartphone tidak keluar biaya terus menerus untuk ke tukang servis. apabila ada hal yang belum jelas, silahlan anda tinggalkan komentar di bawah ini

Terimakasih

2 Responses to "Inilah tips merawat smartphone agar tetap awet selamanya"